Beberapa Kegiatan Olahraga Yang Cocok Untuk Bulan Puasa

Advertisement






20/4/2020 29/1/2019

Beberapa Kegiatan Olahraga Yang Cocok Untuk Bulan Puasa

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa bulan puasa itu merupakan ajang untuk menahan diri dari rasa lapar, haus, dan hawa nafsu. Namun sayangnya, tak sedikit dari kita yang menjadikan bulan suci Ramadhan itu untuk bermalas-malasan. Pasalnya, mereka gagal paham tentang hadis yang menyebutkan bahwa “Tidur di bulan Ramadhan itu adalah ibadah”. Padahal, maksudnya tidur merupakan tindakan yang paling tepat dari pada melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat di bulan Ramadhan.


Nah, berbicara soal Bulan Suci Ramadhan 2020, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan merekomendasikan beberapa kegiatan olahraga yang cocok di bulan Puasa. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini :

1. Jogging / Treadmill Ringan
Jenis olahraga pertama yang cocok dilakukan pada bulan puasa, yakni berupa jogging alias treadmill ringan. Dalam hal ini, kamu bisa melakukan kegiatan jogging beberapa jam setelah sahur, atau bisa juga beberapa jam menjelang waktu berbuka puasa. Tak perlu berlama-lama, kamu hanya perlu melakukan jogging dengan durasi 15 – 30 menit per harinya. Namun, kamu juga harus tetap memasang intensitas jogging yang ringan agar tidak terjadi dehidrasi.

2. Bersepeda
Selain jogging, bersepeda juga merupakan salah satu kegiatan olahraga ringan yang cocok dilakukan agar tubuh tetap bugar selama bulan puasa lho. Sama halnya dengan kegiatan jogging, dimana kegiatan sepeda ini juga bisa kamu lakukan beberapa jam setelah sahur atau beberapa jam menjelang waktu berbuka puasa. Menurut informasi yang di dapat, bersepeda selama kurang lebih 45 menit itu mampu membakar sekitar 300 kalori untuk wanita, dan 350 kalori untuk pria.

3. Yoga
Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kegiatan yoga dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks. Bahkan yang leih menariknya lagi, kegiatan yoga juga mampi mempercepat proses detoksifikasi di dalam tubuh lho. Ya, terang saja demikian, sebab gerakan yoga ini terfokuskan pada pelatihan teknik pernafasan, sehingga dapat membantu proses pnyuplaian oksigen ke dalam otak serta membuat pikiran tetap berpikir jernih. Tentu saja olahraga yang satu ini sangat cocok dilakukan pada bulan puasa, mengingat gerakannya pun tidak membutuhkan tenaga ekstra. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya kegiatan yoga tersebut dilakukan di tempat-tempat yang nyaman dan jauh dari kermaian.

4. Senam
Selain memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, kegiatan olahraga senam juga sangat asyik untuk dilakukan. Kamu bisa melakukan senam setiap hari selama bulan puasa, di waktu beberapa jam setelah sahur dan beberapa jam menjelang waktu berbuka puasa. Namun bagi para perempuan, sebaiknya kegiatan senam ini dilakukan di dalam rumah atau ruang tertutup agar tidak menimbulkan fitnah ya!

5. Naik Turun Tangga
Kegiatan olahraga berikutnya yang cocok dilakukan pada bulan puasa, yakni berupa naik turun tangga. Meski terlihat sepele, namun kegiatan yang satu ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh kita lho. Tapi jika dilakuan secara asal-asalan, maka gerakan naik turun tangga ini bisa menimbulkan dehidrasi atau bahkan cedera. Dalam hal tersebut, kamu harus melakukan gerakannya selama 10 menit. Sebab, 10 menit saja sudah mampu membakar kalori sebanyak 178 kalori.

Itulah beberapa kegiatan olahraga yang cocok dilakukan di bulan puasa. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk melakukan salah satu kegiatan olahraga tersebut?