Bundesliga Jerman dimulai lagi 16 Mei 2020

Advertisement

Bundesliga Jerman dimulai lagi 16 Mei 2020

Bundesliga atau Liga Jerman dipastikan akan dimulai lagi pada 16 Mei 2020. Adanya pemain-pemain yang positif terinfeksi virus Corona di masa persiapan diyakini tidak akan menjadi hambatan untuk menyelesaikan kompetisi musim ini.

Sebelumnya ada tiga pemain Cologne yang dinyatakan positif COVID-19 pada awal bulan Mei 2020, kemudian klub Bundesliga 2 atau kasta kedua Liga Jerman Dynamo Dresden memutuskan untuk mengisolasi seluruh pemainnya setelah tiga orang di antaranya juga positif COVID-19.

Dua kompetisi teratas Liga Jerman Bundesliga dan Bundesliga 2 dijadwalkan kembali bergulir pada akhir pecan ini dengan system pertandingan tertutup, rencana itu sebelumnya sempat terancam batal setelah klub divisi dua, Dynamo Dresden mengkarantina seluruh pemainnya menyusul tiga pemain mereka dinyatakan positif COVID-19. Tetapi pihak penyelenggara tetap mendesak dengan mengirim para pemain untuk menjalani karantina selama seminggu, para pemain diperintahkan untuk tetap tinggal dihotel dan hanya pergi untuk melakukan perjalanan ke tempat latihan.

Rencana Bundesliga dalam menangani COVID-19 dinilai sangat matang dan efektif oleh banyak pihak, salah satunya oleh Direktur Olahraga Borussia Dortmund, Carsten Cramer. Saking baiknya rencana tersebut Cramer sampai menyebut bahwa tidak akan menjadi sebuat malapetaka apabila ada pemain lagi yang terinfeksi COVID-19 saat Bundesliga Jerman dimulai lagi.

“Saat mereka mengatakan , ‘Dortmund, anda memiliki terlalu banyak tes positif’, kami harus membuat keputusan,” ujar Cramer seperti dikutip BolaSport.com dari Evening Standard.

“Kini, setelah kami mengikuti aturan yang ada semua pemain kami terbukti negatif.”

“Pemain yang positif tidak akan menjalani malapetaka lagi ke depannya selama kami memiliki aturan dan rekomendasi untuk cara bergaul dengannya,” kata Cramer menambahkan.

Lebih lanjut, Cramer mengatakan bahwa dirinya dan juga Dortmund lega dengan dilanjutkannya Bundesliga, sebab jika musim ini diberhentikan begitu saja, makan akan ada masalah besar yang menghampiri Bundesliga beserta klub pesertanya.

“Kami lega dan puas karena bisa memulai musim ini kembali,” tutur Cramer.

“Karena jika musim ini tidak berlanjut, tidak hanya Dortmund tetapi Bundesliga akan mendapatkan masalah yang sangat besar,” ucap Cramer melengkapi.

“Kami tidak pernah suka bertanding tanpa penonton, tapi di masa krisis seperti ini dan tidak ada alternatif lain, maka main di stadion kosong lebih baik daripada tidak bermain sama sekali,” lanjutnya.

Pada Rabu 6 Mei 2020, Pemerintah Jerman telah resmi mengizinkan Bundesliga dimulai lagi pada paruh kedua Mei. Pemerintah Jerman menyerahkan kepada DFL selaku operator dari kompetisi untuk menentukan jadwal pertandingan saat Bundesliga dimulai lagi.

DFL mengadakan pertemuan pada 7 Mei 2020 dan telah mengeluarkan keputusan tentang jadwal pekan ke-26 Bundesliga Jerman. Pada Sabtu 16 Mei 2020 pukul 15.30 waktu setempat atau 20.30 WIB akan digelar lima pertandingan pekan ke-26.

Laga panas Revierderby antara Borussia Dortmund dan Schalke 04 termasuk salah satu laga yang digelar pada pekan ke-26. Kemudian pada 18.30 waktu setempat atau 22.30 WIB, Eintracht Frankfurt akan berhadapan dengan Borussia Moenchengladbach.

BACA JUGA: Resmi, Liga Vietnam kick-off 5 Juni 2020 dengan format kompetisi baru

Satu hari kemudian pada tanggal 17 Mei 2020, Bayern Munchen akan berhadapan dengan Union BerlinUnion Berlin. Pekan ke-26 akan berakhir pada 18 Mei 2020 dengan pertandingan Werder Bremen yang akan bertanding menghadapi Bayer Leverkusen pada pukul 20.30 waktu setempat atau pada 19 Mei 2020 pukul 01.30 WIB.

DFL optimis Bundesliga Jerman musim 2019-2020 yang tinggal menyisakan 9 putaran bakal selesai pada 27-28 Juni 2020, semua pertandingan direncanakan digelar tanpa penonton.