Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Mental dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona

Advertisement






20/4/2020 29/1/2019

Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Mental dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona

Kehadiran virus corona atau coronavirus di tengah-tengah masyarakat dunia ini sedikit banyak membawa dampak yang cukup serius. Tidak hanya dari segi kesehatan saja, dampak ekonomi, sosial, pendidikan, dan masih banyak lagi juga ikut terkena imbasnya. Banyak hal di sekitar kita yang pola aktivitasnya ikut berubah dan mengalami ketidakpastian. Sebut saja seperti untuk urusan pekerjaan, banyak karyawan yang harus melakukan kerja dari rumah (work from home) hingga waktu yang belum bisa ditentukan. Begitu juga berbagai tempat usaha yang harus meliburkan diri selama pandemi corona ini, dimana juga berimbas pada karyawan yang turut bekerja dengannya.

Ketidakpastian situasi, rutinitas sehari-hari yang berubah, adanya tekanan keuangan, dan isolasi sosial ini tak sedikit yang membuat beberapa orang merasa cemas, stress, takut, sedih, dan sepi selama menghadapi pandemi corona ini. Gangguan kesehatan mental, seperti cemas dan stress ini bisa bertambah buruk jika tidak segera diatasi. Sehingga jika Anda mengalami kondisi demikian, sebaiknya lakukan berbagai strategi untuk mengatasi gangguan kesehatan mental agar hidup terkendali dengan baik dan sehat.

Rasa waspada tentu jauh lebih baik dibandingkan dengan rasa cemas dan takut ketika menghadapi pandemi virus corona ini. Karena rasa cemas dan takut justru selain membuat kesehatan mental tidak bagus, juga bisa menurunkan daya tahan tubuh. Padahal daya tahan tubuh yang kuat dan mental yang sehat sangat diperlukan untuk melawan coronavirus. Agar hal ini tidak terjadi pada Anda, berbagai tips ampuh berikut ini perlu dilakukan, yaitu:

Tidur yang cukup.
Tidur yang cukup sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Pastikan Anda tidur cukup sekitar 7-8 jam per hari jika tergolong orang dewasa atau lansia, dan tidur cukup sekitar 9-12 jam jika tergolong usia anak-anak atau remaja. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup akan mampu mengeluarkan senyawa sitokin yang berfungsi untuk memberikan efek perlindungan pada sistem daya tahan tubuh dalam melawan infeksi dan peradangan, serta agar tubuh tidak mudah jatuh sakit.

Mengkonsumsi makanan sehat.
Makanan sehat merupakan makanan yang mengandung banyak nutrisi baik yang bagus untuk kesehatan tubuh. Penuhi kebutuhan makanan setiap harinya 4 sehat 5 sempurna. Beberapa makanan sehat yang bisa Anda konsumsi, seperti buah-buahan, sayuran hijau, hingga susu. Selain itu, pilih makanan yang banyak mengandung vitamin C karena memiliki antioksidan tinggi yang bagus untuk meningkatkan sistem imun tubuh agar terhindar dari infeksi coronavirus.

Menghindari tembakau dan alkohol.
Ada fakta yang menyebutkan jika resiko terinfeksi coronavirus lebih besar terjadi pada perokok dan pengonsumsi alkohol dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan kedua hal ini. Perokok lebih beresiko tinggi terkena penyakit paru-paru lantaran coronavirus penyebab COVID-19 bisa mempengaruhi kesehatan paru-paru. Sedangkan mengkonsumsi alkohol bisa memperburuk keadaan kesehatan terlebih jika sudah terinfeksi coronavirus.

Membatasi mendapatkan informasi.
Sebaiknya Anda lebih bijak dalam memilih informasi, terutama yang berhubungan dengan coronavirus. Karena salah dalam mengkonsumsi berita tentang informasi-informasi corona tak jarang bisa memicu kecemasan tersendiri. Batasi sejenak dari berbagai informasi yang ada di media dan sebaiknya pilih sumber informasi yang akurat dan terpercaya, seperti melalui situs resmi atau aplikasi Halodoc.

Menenangkan pikiran.
Kita perlu berpikir dengan tenang dalam melawan virus corona yang mewabah saat ini, bukan justru panik berlebihan hingga menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Untuk menenangkan pikiran, Anda bisa melakukan meditasi atau tai chi. Kedua cara ini dinilai bagus untuk membuat pikiran lebih relaks dan memunculkan energi positif.