Fakta Tentang Jaringan 5G yang Super Cepat

Advertisement

Fakta Tentang Jaringan 5G yang Super Cepat

Perkembangan teknologi saat ini berkembang sangat pesat. Fakta bahwa teknologi 5G mulai muncul hari ini dan dilaporkan siap untuk menggantikan teknologi internet cepat 4G LTE yang ada.

Teknologi generasi kelima ini akan siap untuk diterapkan di Indonesia pada tahun 2020. Teknologiini diyakini mampu menopang kebutuhan akan Internet of Things (IoT) yang saat ini sudah banyak berkembang, karena kecepatan transfer data bahkan lebih cepat dari peluru.

Sambil menghadirkan segudang keunggulan, 5G ini juga menyimpan bahaya, apa itu? Sebab, untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu teknologi 5G, kami telah mengumpulkan beberapa fakta yang berkaitan dengannya. Ayo, lihat langsung penjelasan di bawah ini.

Fakta Teknologi 5G Yang Dianggap Super Cepat dan Berbahaya

Akses Data 5Gbps Super Cepat

Dari perkembangan jaringan internet, kecepatan yang paling ditunggu pengguna. Kelahiran Fifth Generation (5G) diprediksi mampu meningkatkan kecepatan akses hingga seratus kali lipat. Jika sebelumnya kecepatan unduh 4G hanya 20 Mbps, pada 5G itu bisa mencapai 1 Gigabyte.
Penerus 4G LTE diprediksi memiliki kecepatan sekitar 800Gbps, atau seratus kali lebih cepat dari kecepatan generasi sebelumnya. Dengan kecepatan seperti itu, teknologi 5G memungkinkan untuk mengunduh 33 Video dengan kualitas High Definition (HD) hanya dalam beberapa detik.

Internet of Things (IoT) yang Cukup

Salah satu hal yang ditawarkan dalam teknologi 5G adalah kemampuan untuk mendukung jaringan Internet of Things (IoT) yang membutuhkan bandwidth besar dan yang tidak dapat dijalankan pada jaringan 4G LTE.

Berbicara tentang kapasitas jaringan, 5G mendukung lebih banyak koneksi data daripada sebelumnya. Jaringan 4G hanya dapat mendukung beberapa perangkat. Pada 5G, kapasitas jaringan akan lebih luas. Mengacu pada International Telecommunications Union, jaringan 5G dapat menampung satu juta perangkat per kilometer persegi.

5G Akan Memasuki Kehidupan Manusia

Dengan kecepatan tinggi, kapasitas tinggi untuk setiap jaringan, dan latensi rendah, ini membuat 5G tidak hanya akan digunakan oleh smartphone saja. Jaringan ini juga akan digunakan oleh semua perangkat cerdas yang dikembangkan saat ini sebagai Kecerdasan Buatan.

Saat ini perangkat dan alat telah dibuat yang mampu mengendalikan diri mereka sendiri tanpa kendali manusia. Semua itu bisa berjalan lebih signifikan dengan 5G. Sebagai contoh mobil, kapasitas besar dan kecepatan tinggi akan membuat mobil otomatis benar-benar berjalan secara mandiri.

Perangkat pintar lain yang dikembangkan oleh vendor dan perusahaan besar sudah ada di sana. Menciptakan rumah pintar atau rumah pintar bukan lagi sekadar gambaran di dunia fiksi melainkan di dunia nyata. Secara bertahap dapat mengurangi peran manusia, terutama dalam pekerjaan sehari-hari karena semua akan dilakukan oleh kecerdasan yang dibuat.

Harga Paket Data Mahal

Fakta berikutnya dari teknologi 5G adalah harga paket data untuk menggunakan jaringan ini. Di Amerika Serikat, salah satu perusahaan telekomunikasi Telco AS dilaporkan menetapkan harga $ 20- $ 30. 300.000-Rp. 400.000. Dengan akses data yang lebih cepat, apakah harganya masuk akal?

5G Frekuensi Bahaya

Pita frekuensi yang dilelang di Indonesia adalah 3.5GHz, 26GHZ, dan 28GHz. Dalam frekuensi ini ada gelombang milimeter yang jika sejumlah besar dari mereka dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, Anda tidak perlu khawatir, jika frekuensinya tidak melebihi ambang 300Hz, maka milimeter dan gelombang infra merah yang mengikuti tidak cukup kuat untuk melukai manusia.

Itulah fakta teknologi 5G yang dikabarkan sangat cepat dan revolusioner. Meskipun rencananya akan dirilis pada tahun 2020, sepertinya masyarakat harus sedikit bersabar untuk menikmati jaringan ini. Ini karena peningkatan infrastruktur jaringan untuk menjalankan 5G di Indonesia masih sedang dikerjakan.