4 Kegiatan Seru Di Rumah, Selain Rebahan!

Advertisement

4 Kegiatan Seru Di Rumah, Selain Rebahan!

Meski pemerintah telah menerapkan era new normal di tengah pandemi covid, tapi hal itu tidak berarti aktivitas di luar ruangan menjadi bebas. Ketika keluar rumah tetap wajib pakai masker, selalu jaga jarak dan harus rajin cuci tangan.

Berkegiatan di luar ruangan diutamakan untuk mereka yang tetap harus bekerja, dan tidak bisa menggantinya dengan work from home. Tapi, berbeda dengan kamu yang masih pelajar, pemerintah masih belum membolehkan untuk pergi ke sekolah. Termasuk juga para mahasiswa.

Tentu jika tidak ada keperluan yang mendesak, lebih baik tetap di rumah saja kan? Nah, biar nggak bosen karena mainnya cuma di kasur terus, kasur lagi, dan rebahan lagi, mending coba kegiatan baru sekaligus mengasah skill sebelum mulai pembelajaran baru. Apa saja kegiatannya?

1. Bangun tidur langsung olahraga

Eh serius, jam berapa pun kamu bangun usahakan langsung lakukan stretching. Iya, pemanasan kalau dalam bahasa olahraga. Baiknya memang dilakukan pagi hari.

Buat kamu yang masih sering begadang karena nonton film atau lanjutan drama korea, sempatkan sejenak lakukan gerakan sederhana pemanasan.

Kamu bisa mulai dengan mengangkat kedua tangan ke atas, hitung 2×8 secara teratur. Lanjutkan dengan kedua tangan ke samping kanan dan kiri.

Kalau tidurnya terlalu larut pasti leher terasa tegang kan? Nah, anggukkan ke depan, belakang, samping kanan dan kiri dengan hitungan yang sama.

Itu baru pemanasan, lanjut kali ini kamu butuh gerakan sederhana. Kamu bisa lakukan gerakan yang menggunakan dinding sebagai sandarannya.

Seperti wall push up, yakni gerakan push up dengan dinding sebagai sandarannya. Kemudian wall sit, seperti posisi duduk namun tanpa alas duduk, melainkan bersandar di tembok.

Untuk yang pertama kali cukup 1×8 dengan gerakan yang benar.

Lalu untuk sedikit gerakan, bisa lakukan squat. Posisi seperti berdiri hingga setengah jongkok, lakukan berulang-ulang dengan hitungan yang sama.

Nah, dijamin jika sudah lakukan beberapa gerakan sederhana tersebut, badan kamu jadi lebih rileks.

2. Coba-coba Resep Masakan

Mencoba resep baru paling seru dilakukan ketika siang hari. Kamu bisa lihat menu-menu baru yang banyak di share di instagram atau twitter.

Jadi selain rebahan scroll berbagai macam postingan, nggak ada salahnya untuk mencoba bereksperimen dengan resep masakan. Tentunya pilih menu-menu yang bahannya mudah, dan dengan peralatan sederhana ya.

Misalnya minuman kekinian yang waktu itu viral, atau roti tawar dengan topping muka orang, atau resep masakan lainnya sesuai keinginan.

3. Bersih-bersih kamar

Kapan lagi kan punya waktu luang banyak buat bersih-bersih kamar. Jika hari sekolah atau saat kuliah nggak punya waktu buat beresin kamar, nah saat sekarang karena di rumah saja tentu waktu yang tepat untuk beres-beres.

Buat kamu yang anak kosan, coba tengok sudah diganti belum sprei dan gorden nya? Minimal sapulah kamar kamu sehari satu kali. Dijamin, bakal makin betah buat rebahan kalau kamarnya bersih dan rapi kan?

Buat kamu yang bukan anak kosan, sesekali bantu ibu untuk nyapu, ngepel, sampai nyetrika baju.

Manfaatkanlah waktu luang yang banyak untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Pasti bakal capek, tapi nggak bakal rugi setelah lihat hasil rumah jadi rapi, bersih, dan wangi. Makin betah juga buat rebahan.

4. Perbanyak Ikut Pelatihan Online

Akibat pandemi banyak pelatihan yang kini memakai alternatif lewat online. Bentuk video conference sudah menjadi hal lumrah dan banyak ditemui saat ini.

Mulai dari yang berbayar sampai yang gratisan. Hampir setiap hari story whatsapp dan instagram dipenuhi pamflet seminar dan pelatihan online.

Aplikasi video conference laris manis diunduh orang-orang yang banyak beralih menggunakan layanan online.

Buat kamu dari pada kuota cuma dipakai streaming film dan drama korea, coba sesekali ikut seminar atau pelatihan online. Barangkali bisa menambah ilmu dan wawasan selama liburan yang panjang ini.

Setidaknya, kemampuan berpikir juga tetap terasah. Jangan sampai karena tidak adanya kegiatan menjadikan berkurangnya kemampuan berpikir kritis dan analitis.

Paling gampang, bisa nonton live instagram kegiatan talkshow atau podcast diskusi hal-hal yang lebih bermanfaat. Selain gratis, juga akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Syarat hal-hal yang berbau online itu cuma satu, yang penting kamu punya kuota internet. Maka semuanya terasa menyenangkan meski berlama-lama di kamar saja.

Itulah beberapa alternatif kegiatan selain rebahan yang bisa kamu lakukan selama menunggu jadwal normal kembali. Beberapa diantaranya tetap bisa dilakukan sambil rebahan juga sih, tapi setidaknya dari rebahan itu tetap bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Selamat mencoba!