Cara Menjaga Kebersihan Rumah Agar Terhindar Dari Virus

Advertisement






20/4/2020 29/1/2019

Cara Menjaga Kebersihan Rumah Agar Terhindar Dari Virus


Tips dalam artikel ini ditujukan bukan untuk perorangan saja, namun untuk seluruh anggota keluarga karena menjaga kebersihan rumah menjadi tanggung jawab bersama penghuni rumah. Setiap orang dapat berpartisipasi, bahkan anak-anak usia dini. Tidak ada alasan hanya ibu saja yang harus membersihkan seluruh isi rumah, padahal bukan hanya seorang ibu yang tinggal di sana. Lagi pula, jika semua orang menikmati kenyamanan yang ada di rumah tersebut, itu berarti semua orang harus ikut mengurusnya dan mau ikut andil bertanggung jawab. Apalagi dalam sebuah keluarga dibutuhkan kerja sama dan kekompakan untuk saling menjaga kesehatan.

Menjaga kebersihan rumah di masa pandemi seperti sekarang memang sangatlah penting. Apalagi, virus ini sudah terbukti dapat menyebar melalui udara.

Di dalam protokol kesehatan disebutkan bahwa salah satu hal yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan adalah dengan menjaga kebersihan mulai dari diri pribadi serta tempat tinggal.

Virus Corona terbukti bisa bertahan hidup selama berjam-jam atau bahkan bahkan berhari-hari di permukaan suatu benda. Oleh karenanya, untuk mencegah terjadinya infeksi Covid-19, Anda perlu membersihkan rumah secara menyeluruh.

Lalu, bagaimana ya cara membersihkan rumah yang baik dan benar agar keluarga dapat terhindar dari virus? Berikut ini adalah langkah-langkah membersihkan rumah dan peralatan rumah tangga apa saja yang dibutuhkan untuk mencegah penularan virus.

1. Menyiapkan Peralatan Yang Dibutuhkan

Sebelum mulai bersih-bersih rumah, siapkan semua peralatan yang sekiranya dibutuhkan, seperti masker, sarung tangan sekali pakai yang kedap air berbahan karet atau plastik, kantong sampah, sabun atau detergen, cairan disinfektan, dan lap bersih.
Bukalah jendela rumah dengan lebar agar sirkulasi udara di rumah lancar saat sedang membersihkan rumah.

2. Membersihkan Permukaan Benda Dengan Air dan Sabun Anti Kuman

Saat hendak membersihkan rumah, pertama-tama cucilah tangan Anda terlebih dahulu dengan air dan sabun atau hand sanitizer, lalu pakailah sarung tangan yang sudah disediakan sebelumnya.
Setelah itu, bersihkanlah setiap permukaan benda yang ada di dalam rumah dengan menggunakan lap yang telah direndam campuran air serta deterjen. Utamakan untuk membersihkan benda yang biasa disentuh sehari-hari, seperti gagang pintu rumah, remote televisi, permukaan meja, bagian lengan kursi dan keran air.

3. Semprotlah Cairan Disinfektan Pada Permukaan Benda

Cairan disinfektan dapat dibeli di apotek atau secara online. Anda juga bisa membuat cairan disinfektan sendiri di rumah jika kesulitan untuk mendapatkannya. Cara membuatnya mudah, Anda cukup mencampur 4 sendok teh larutan pemutih pakaian dengan 1 liter air. Setelah itu, cairan disinfektan tersebut dimasukkan ke dalam botol semprotan.
Anda hanya perlu menyemprotkan cairan disinfektan secukupnya ke permukaan benda-benda yang biasa disentuh. Biarkanlah selama kurang lebih 10 menit, lalu usap dengan kain bersih hingga permukaan benda tersebut kering kembali.

Perlu diperhatikan dalam penggunaan cairan disinfektan ini. Jangan terlalu banyak disemprotkan karena dikhawatirkan kita dapat menghirupnya secara berlebih dan berakibat fatal bagi kesehatan pernapasan.

4. Membuang Sarung Tangan dan Cuci Tangan Setelah Membersihkan Rumah

Setelah rumah dan segala benda di dalamnya selesai dibersihkan, lepaslah sarung tangan lalu buang ke dalam plastik sampah yang sudah disediakan.

Pastikan kembali agar semua kotoran dan sampah sudah dimasukkan ke dalam plastik sampah sebelum Anda melepaskan sarung tangan. Sebisa mungkin Anda melepas sarung tangan dengan hati-hati, jangan sampai bagian luarnya mengenai kulit Anda.

Ikat dengan erat plastik sampah tersebut, lalu letakkan di bak sampah besaryang tertutup rapat. Setelah itu, bersihkan tangan Anda dengan sabun anti kuman dan air mengalir atau dengan hand sanitizer yang setidaknya mengandung alkohol sebanyak 60%.

Benda Lain Yang Perlu Dibersihkan

Selain permukaan benda yang sering kita sentuh, ternyata ada beberapa benda lain juga yang perlu dibersihkan atau dicuci dengan cara khusus, diantaranya :

Pakaian
Jika biasanya mencuci pakaian dengan air bersuhu biasa maka ubahlah kebiasaan tersebut dengan mencuci pakaian kotor dengan air hangat. Pastikan detergen yang digunakan cukup dan tidak kurang, kemudian jemurlah pakaian di bawah sinar matahari hingga kering.

Alat makan
Setelah menggunakan alat makan seperti piring, garpu, sendok, dan gelas, maka alat makan tersebut harus segera dicuci. Cuci dengan bersih menggunakan sabun pencuci piring serta kalau bisa tambahkanlah potongan limun. Untuk spons usahakan diganti minimal seminggu sekali atau 3 hari sekali.

Perlengkapan tidur
Rendam perlengkapan tidur seperti sprei, sarung bantal, dan selimut dengan air panas yang sebelumnya sudah dicampur detergen sebelum dicuci. Jemur bantal di bawah sinar matahari minimal seminggu sekali.

Alat pembersih
Peralatan yang biasa kita gunakan untuk membersihkan rumah, seperti sapu, lap, dan kain pel, juga perlu dibersihkan secara berkala. Cuci peralatan tersebut dengan air dan sabun anti kuman, lalu keringkan. Setelah itu, semprotkanlah cairan disinfektan pada alat-alat pembersih yang telah dicuci dan simpan di tempat yang bersih juga kering. Hindarilah penyimpanan ditempat lembab.

Ingatlah selalu untuk gunakan sarung tangan sekali pakai saat hendak membersihkan atau mencuci barang-barang yang ada di rumah.