Pengertian Google Assistant Beserta Fungsi Dan Cara Kerjanya

Advertisement






20/4/2020 29/1/2019

Pengertian Google Assistant Beserta Fungsi Dan Cara Kerjanya


Google Assistant diumumkan pada konferensi Google’s I/O developer pada tahun 2016 dan melakukan debut resminya di Pixel phones pada bulan Oktober di tahun yang sama. Ponsel yang didukung harus memiliki layanan Google Play terpasang dan memiliki tampilan minimal 720p.

Dalam pembahasan ini, admin akan membahas pengertian google assistant beserta fungsi, cara kerja, kelebihan dan kekurangnya.

Pengertian Google Assistant

Google Assistant adalah asisten suara virtual Google. Ini adalah evolusi dari fitur Android lama yang dikenal sebagai Google Now, yang memberi kalian informasi tentang minat kalian bahkan sebelum kalian bertanya. Ini bersaing dengan Siri Apple, Alexa Amazon, dan (pada tingkat yang lebih rendah) Cortana Microsoft.

Asisten diluncurkan pada Mei 2016 sebagai bagian dari Google’s smart messaging app Allo, yang sudah tidak ada lagi. Setelah beberapa waktu eksklusivitas pada ponsel Google Pixel pertama, Asisten Google sekarang tersedia di hampir semua perangkat Android yang menjalankan Android 5.0 di atas.

Meskipun paling terkenal di Android, Google Assistant juga tersedia di tempat lain. Kalian dapat mengaksesnya di Android Wear, di iPhone dan iPad melalui aplikasi Google Assistant, melalui rangkaian speaker pintar Google Home, dan di perangkat lain juga.

Fungsi Google Assistant

Sebenarnya fungsi utama Google Assistant adalah menawarkan perintah suara, penelusuran suara, dan kontrol perangkat yang diaktifkan dengan suara, memungkinkan kalian menyelesaikan sejumlah tugas setelah kalian mengucapkan kata-kata “Ok Google” atau “Hai, Google”. Ini dirancang untuk memberi kalian interaksi percakapan.

Google Assistant sangat cerdas dan terintegrasi sangat baik dengan Android. Kalian dapat menggunakannya untuk membuka aplikasi, mengirim pesan, melakukan panggilan, memutar lagu tertentu di Tidal, memeriksa cuaca, dan banyak hal lainnya tanpa menyentuh layar ponsel kalian.

Cara Kerja Google Assistant

Google Assistant dibuat berdasarkan natural language processing, prosedur mengubah ucapan menjadi suara, kata, dan ide.

Google pertama-tama merekam ucapan kalian. Karena menafsirkan suara membutuhkan banyak daya komputasi, rekaman ucapan kalian dikirim ke server Google untuk dianalisis dengan lebih efisien.

Google memecah apa yang kalian katakan menjadi suara individu. Ini kemudian berkonsultasi dengan database yang berisi pelafalan berbagai kata untuk menemukan kata mana yang paling sesuai dengan kombinasi suara individu.

Kemudian mengidentifikasi kata kunci untuk memahami tugas dan menjalankan fungsi yang sesuai. Misalnya, jika Google Assistant mengetahui kata-kata seperti “cuaca” atau “suhu” , aplikasi cuaca akan terbuka.

Server Google mengirimkan informasi kembali ke perangkat kalian dan Google Assistant dapat berbicara. Jika Google Assistant perlu mengatakan sesuatu kepada kalian, itu akan melalui proses yang sama seperti yang dijelaskan di atas, tetapi dalam urutan terbalik.

Kelebihan Dan Kekurangan Google Assistant

Kelebihan Google Assistant

1. Dapat Membuka Aplikasi Dengan Cepat – Dengan bantuan Google Assistant, kalian dapat membuka aplikasi apa pun. Tanpa mengklik, yang harus kalian lakukan adalah memanggil nama aplikasi itu dengan mengucapkan Ok Google. Dan itu akan membuka aplikasi itu dengan mudah di ponsel kalian.

2. Temukan Tempat Terdekat – Google Assistant juga dapat mencari tempat di dekat kalian. Jika kalian harus pergi ke restoran atau hotel terdekat. Tetapi kalian tidak tahu restoran mana yang terdekat di tempat kalian. Jadi dengan bantuan ini, kalian akan dapat segera menemukannya dengan mencari ini.

3. Pesan Tiket Film – Teman juga dapat membantu kalian memesan Tiket Film. Kalian dapat melakukan ini dengan nyaman dengan duduk di rumah. Kalian bahkan tidak perlu mengantre. Buka saja Google Assistant. Lalu pesan tiketnya. Pekerjaan kalian akan selesai.

4. Temukan Gambar – Jika kalian ingin melihat gambar apa pun di Google, kalian hanya perlu mengucapkan Google Image di mikrofon di Aplikasi Google Assistant. Dan Gambar Google akan hadir di hadapan kalian.

5. Temukan Informasi Dengan Cepat – Dengan bantuan ini, kalian dapat mengetahui informasi seperti kondisi cuaca, konversi mata uang, membuka situs web apa pun, translate, dll.

Kekurangan Google Assistant

1. Tidak Bisa Berfungsi Tanpa Jaringan – Google Assistant hanya akan berfungsi dengan menyambungkan ke Internet. Jika kalian menjalankannya tanpa internet atau jika kalian menanyakan sesuatu maka ini tidak akan berhasil. Google Assistant hanya akan bekerja ketika ponsel kalian terhubung ke internet dan aplikasi selulernya ada di ponsel kalian.

2. Bahasa Hindi Tidak Didukung Sepenuhnya – Google Assistant tidak mendukung bahasa Hindi sepenuhnya. Jika kalian menanyakan beberapa kata dalam bahasa Hindi yang tidak selalu digunakan, Google Assistant tidak dapat menjawabnya.

3. Memakan Banyak Daya – Jika kalian menggunakan aplikasi Google Assistant di ponsel kalian, maka baterai ponsel kalian turun dengan sangat cepat sehingga kalian harus mengisi ulang daya ponsel kalian kembali.

4. Membutuhkan Banyak Penyimpanan – Untuk menjalankan Google Assistant, ponsel kalian harus memiliki versi aplikasi terbaru untuk Google dan Google Assistant. Jika kalian menggunakannya, penyimpanan dan RAM ponsel kalian akan penuh dan itu bisa menyebabkan ponsel kalian hang. Untuk alasan ini, kalian perlu menggunakan ponsel yang memiliki penyimpanan yang besar dan setidaknya memiliki 1,5GB RAM.

5. Penggunaan Data Tinggi – Jika kalian menggunakan Google Assistant dalam jumlah banyak, maka internet seluler kalian akan termakan dengan sangat cepat. Karena Google Assistant berjalan 24 jam dan terus menunggu perintah kalian.

Kesimpulan

Jadi apa itu Google Assistant? Google Assistant adalah sisten virtual Google yang memungkinkan kalian menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Alih-alih melakukan tugas secara manual dengan mengetikan perintah di layar jutaan kali, kalian dapat menyelesaikan pekerjaan dengan menggunakan perintah suara.

Sekian artikel Pengertian Google Assistant Beserta Fungsi Dan Cara Kerjanya. Nantikan artikel menarik lainnya dan jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian. Terimakasih…