Peluang Bisnis Online Untuk Mahasiswa Terbaru

Advertisement






20/4/2020 29/1/2019

Peluang Bisnis Online Untuk Mahasiswa Terbaru

Peluang Bisnis Online untuk Mahasiswa - Bisnis online adalah bisnis yang saat ini bisa dikatakan sangat menjanjikan. Terlebih pada era yang serba menggunakan internet seperti saat ini, tentunya sangat banyak peluang bisnis yang patut untuk dicoba. Bagi kalangan Mahasiswa, menjadi pelaku bisnis online adalah peluang yang sangat bagus. Karena, anda dapat menjalankan bisnis anda sembari menjalani kesibukan anda sebagai mahasiswa. Dengan memulai berbisnis online, anda juga terlatih untuk mandiri skaligus menambah wawasan dan pengalaman anda.

Pada kenyataannya, untuk memulai bisnis online tidak memerlukan modal yang besar. Karena yang selama ini sering menjadi kendala bagi seorang mahasiswa tidak berani untuk memulai bisnis adalah alasan keterbatasan modal. Tapi, perlu anda ketahui, bahwa bisnis online tidak memelukan modal yang besar. Hanya butuh keterampilan anda untuk memanfaatkan setiap peluang yang ada.


Kalau anda bertanya apa saja modal yang dibutuhkan untuk menjadi pelaku binis online? Tentu jawabannya cukup simpel. Modal yang anda butuhkan untuk memulai Bisnis Online untuk Mahasiwa hanyalah sebuah Smartphone yang sedang anda genggam sekarang. Saat ini, banyak orang yang menjadikan smartphone atau gawai mereka hanya untuk update status di medsos saja, lalu menonton video di youtube dan lihat mbak-mbak goyang di Tiktok serta melakukan penelusuran hal-hal yang tidak bermanfaat, bokep contohnya. Eh, bokep bermanfaat o ya? Wkwkwk. Jadi, sejatinya saat inianda telah memiliki modal untuk memulai untuk menjalankan bisnis online, yaitu gawai yang sedang anda genggam sekarang.

Berikut kami rekomendasikan beberapa bisnis online yang bisa anda coba hanya dengan bermodalkan hanphone saja:

1. Bisnis Dropship

Bisnis online yang pertama dan paling populer adalah bisnis Dropship. Apa sih bisnis Dropship itu?
Dropship ini bahasa kerennya dari makelar. Maksudnya adalah sebuah sistem penjualan produk secara online dimana si penjual atau pengecer (makelar) tidak harus memiliki produk sendiri. Dengan tidak memiliki produk sendiri, tentunya modal yang dibutuhkan juga otomatis tidak diperlukan modal yang sangat besar. Perlu diketahui bahwa sistem dropship ini sangat berbeda dengan sistem Reseller. Kalau sitem Reseller mengharuskan penjual atau pengecer (makelar) untuk membeli produk terlebih dahulu kepada pemilik barang atau suplier untuk kemudian dijadikan sebagai stok terlebih dahulu. Baru setelah itu, kemudian produk tersebut dijual langsung ke konsumen. Tentunya dengan mengambil keuntungan dari selisih harga jual barang kepada konsumen. Keuntungan yang diperoleh adalah selisih harga jual kepada konsumen, dikurangi harga beli barang ke suplier atau pemilik barang.

Mau memperoleh untung berapa, ya atur aja sendiri. Tapi biasanya, sistem reseller ini mengharuskan kita untuk menjual barang sesuai harga yang telah disepakati. Supaya tidak terjadi banting-bantingan harga, yang ternyata malah bisa merusak harga pasar.

Lain Reseller, lain Dropship. Bisnis Dropship ini tentunya sangat cocok dijalankan oleh anda yang masih menyandang status sebagai mahasiswa. Karena pada dasarnya dalam sistem dropship tidak memerlukan modal yang besar, tidak memerlukan biaya operasional yang tinggi serta tidak menyita banyak waktu. Karena, yang perlu anda lakukan hanyalah memasarkan produk anda kepada calon pembeli. Sudah, itu saja.

Manfaatkan sosial media yang anda miliki seperti Youtube, Instagram, Facebook, Twiter, Tiktok dll. Pada bisnis Dropship ini, anda tidak perlu repot-repot untuk mengerjakan proses pengiriman barang. Karena yang mengerjakan pengiriman barang adalah supplier yang telah anda pilih sebelumnya. Lebih menariknya lagi, supplier akan menulis nama anda atau nama toko anda pada kemasan yang tertera pada paket. Jadi, anda tinggal duduk manis, kemudian barang akan sampai ditangan pelanggan tanpa campur tangan anda sedikit pun.

Untuk bergabung pada bisnis Dropship, anda bisa mengunjungi beberapa website penyedia Dropship yang ada di bawah ini:
  • bukalapak.com
  • supplier.id
  • bandros.co.id
  • tokopedia.com
  • aliexpress.com
Dan tentunya masih banyak lagi situs Dropship terpercaya yang telah memiliki testimoni baik dimata pelanggan ataupun Dropshiper. Anda bisa mencarinya melalui google, setelah itu, scroll media sosial anda, pasti akan banyak iklan situs Dropship yang iklannya akan muncul di hp anda.

2. Bisnis Publisher Iklan

Tidak semua orang memiliki keahlian untuk memasarkan produk, seperti contohnya Bisnis Dropship di atas. Tentu selain HP, membutuhkan skill untuk memasarkan produk. Oleh karena itu, apabila anda tidak memiliki keahlian dalam memasarkan produk serta tidak ingin ribet guna mempelajari teknik-teknik pemasaran dan penjualan, masih ada alternatif lain. Karena anda bisa mencoba bisnis yang satu ini.

Menjadi Publisher iklan. Caranya sangat mudah sekali. Tidak kalah mudah jika dibanding bisnis Dropship yang telah dijelaskan sebelumnya. Caranya hanya dengan membangun sebuah website atau blog gratisan. Contoh program periklanan yang saat ini cukup populer dan sangat diminati banyak orang, terutama mahasiswa, adalah Google Adsense.

Cara menjalankan bisnis ini cukup mudah sekali. Anda hanya cukup belajar bagaimana caranya untuk bisa membuat artikel yang kemungkinan akan diminati banyak orang. Sudah itu saja. Bahasa kerennya, anda cukup belajar gimana caranya membuat artikel viral. Langkah selanjutnya, anda tinggal mempublikasikan ke halaman blog atau website yang telah anda buat. Jika anda seorang mahasiswa, anda juga bisa saja membuat artikel tentang materi-materi yang ada di perkuliah yang anda dapat di kampus. Selain berbagi, ini bisa menjadi investasi. Bayangkan ada berapa banyak mahasiswa atau adik tingkat anda yang kemungkinan akan mencari materi tersebut kelak. Tentu akan banyak potensi pengunjung yang akan mendatangi blog anda. Rumus dalam bisnis ini adalah banyak pengujung = banyak potensi uang yang akan diperoleh.

Pendapatan dari Publisher iklan tergolong cukup tinggi. Hal ini dapat disimpulkan dengan banyaknya Publisher iklan yang telah sukses dalam menjalankan bisnis ini. Menjadi Publisher iklan dapat anda kerjakan dengan memanfaatkan waktu luang anda disela-sela kesibukan anda sebagai mahasiswa. Bisnis yang sangat mudah, hanya dengan membuat artikel saja, anda bisa menghasilkan uang yang melimpah hanya dengan menjalankan peluang bisnis online tersebut.


3. Bisnis Penulis Artikel Website atau Blog

Menyambung dengan bisnis nomor dua di atas, peluang akan terbuka lebar apabila anda sukses mempelajari cara  pembuatan artikel dan kemudian menjadi Publisher iklan. Jika anda kurang meminati bisnis sebagai publisher iklan, tentu bisnis sebagai penulis artikel juga salah satu bisnis yang menjanjikan. Tentunya dengan memanfaatkan kelebihan anda dalam membuat artikel.


Survei dari WPCurvei mengatakan bahwa betapa pentingnya konten artikel apabila dikelola secara profesional guna meningkatkan pendapatan dari blog atau website itu sendiri. Dengan demikian, anda dapat memanfaatkan peluang ini. Karena, untuk era seperti sekarang ini, jasa pembuatan artikel secara profesional sangat dibutuhkan oleh pemilik website atau blog yang tidak bisa membuat artikel. Jadi, anda dapat menawarkan jasa anda kepada pemilik website atau blog yang ada di internet yang sedang membutuhkan artikel untuk dibagikan melalui media yang mereka miliki.


4. Bisnis Penerbit E-Book

Jika pada bisnis yang telah disebutkan di atas memerlukan keahlian dalam menulis, namun anda tidak memiliki keahlian untuk membuat tulisan. Tenang, masih ada peluang bisnis online untuk mahasiswa lainnya. Yaitu dengan menawarkan jasa anda sebagai penerbit E-Book. Skill yang anda butuhkan, bisa didapatkan hanya melalui riset atau menonton video di youtube saja. Pada bisnis penerbitan E-Book ini, anda tidak perlu menawarkan artikel yang telah anda buat kepada pemilik website atau blog. Tugas anda hanya mencari pembuat sebuah tulisan yang handal, namun tidak mengerti bagaimana caranya mendistribusikan tulisannya.

Bisnis menerbitkan E-Book ini tidak membutuhkan biaya yang banyak. Asalkan anda telah mempelajarinya. Agak rumit memang, oleh karena itu, tidak banyak penulis yang mampu untuk menerbitkan E-Booknya secara mandiri. Jelas, ada peluang di sana. Banyak penulis yang bisa membuat artikel yang keren, tetapi tidak mampu untuk "menjual" atau mendistribusikan tulisannya. Jika E-Book sudah ada, anda tinggal mengunggahknya ke layanan penjualan aplikasi atau E-Book. Contohnya google Playstore atau Google Buku. Selanjutnya, anda bisa menjualnya lewat media sosiall, website atau blog pribadi anda. Keuntungan diperoleh dari biaya jasa yang anda tawarkan. Apabila E-Book dari penulis telah terdaftar di Google Buku, anda bisa meminta bayaran yang sesuai. Memasukkan buku ke Google Buku atau ke Playstore, bukan perkara mudah bagi orang yang tidak mengetahui caranya sama sekali.

Karena anda telah membaca tulisan ini, itu artinya anda telah selangkah lebih maju dibanding yang lainnya. Karena sudah saya beri bocoran, kalau menerbitkan buku di Google Playstore atau di Google Buku, tidak lah dipungut biaya sama sekali. Anda tinggal mencari langkah-langkah bagaimana caranya untuk menerbitkan buku secara gratis di Google Playstore atau Google Buku. Selamat mencoba!

5. Jasa Desain Grafis

Apabila anda tidak memiliki kemampuan dalam membuat artikel, namun anda justru memiliki keahlian dalam hal desain grafis, anda cocok untuk dapat mencoba bisnis ini. Saat ini, keahlian desai grafis yang anda miliki, sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Contohnya diantaranya adalah mendesain brosur acara atau promosi, membuat desain template undangan dan masih banyak lagi. Untuk memulai bisnis ini anda cukup mendaftar pada website market place seperti fiver.com, seribu.com dan lain sebagainya. Peluang dari bisnis Jasa Desain Garif ini cukup besar. Karena, jika kualitas desain yang anda hasilkan sangat profesional, maka tidak menutup kemungkinan desain anda akan laku di pesan oleh orang luar negeri. Yang pembayarannya menggunakan mata uang Dolar. Bisa dibayangkan betapa menggiurkannya bisnis tersebut. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

6. Bisnis Jasa Les Privat

Jika bisnis pada poin 1-5 bukan kategori yang anda minati, serta anda tidak memiliki keahlian yang dibutuhkan tersebut di atas, anda dapat mencoba bisnis Jasa Les Privat. Bisnis ini bisa anda jalankan jika anda memiliki keahlian mengajar. Tidak harus mengajar secara profesional, tapi yang penting anda berani dan mau untuk mempelajarinya, bahkan sambil berjalan pun.

Untuk memulinya, anda dapat membangun bisnis ini hanya dengan cara mempromosikan diri anda melalui media sosial yang anda miliki. Bisnis ini torgolong cukup mudah. Anda hanya cukup menjelaskan materi yang anda bawakan hanya melalui ebook, video, ataupun dengan video call. Jadi, bukan les privat yang selama ini anda kenal. Mendatangi pelanggan dan kemudian mengajarinya secara langsung. Karena, bisni ini sekarang dapat mengandalkan perkembangan dalam bidang ilmu teknologi komunikasi dan informasi. Seperti yang saya katakan pada paragraf sebelumnya, bahwa anda tidak perlu memiliki keahlian mengajar secara profesional di depan orang yang tidak anda kenal sebelumnya.

Anda hanya perlu menyusun materi menggunakan video, yang kemudian setelah ada pembelian, materi video tersebut dapat langsung didistribusikan kepada pelanggan yang meminati ilmu atau pelajaran yang anda tawarkan. Pada dasarnya, bisnis ini tergolong cukup berpeluang. Mengingat jadwal calon peserta les privat yang mencari jasa anda mungkin saja sudah memiliki jadwal yg padat. Hal ini pun juga memudahkan anda, investasi sekali saja untuk membuat video pembelajaran. Kemudian, anda tinggal menyebarkan video pembelajaran yang telah anda buat kepada peminat anda. Jadi, ibarat kata, anda hanya perlu mengajar sekali, kemudian, biarkan teknologi yang bekerja. Seakan peminat anda diajarkan langsung oleh anda. Padahal hanya menggunakan video yang telah anda buat sebelumnya.

Itulah peluang bisnis yang dapat anda coba yang cocok untuk mahasiswa. Apabila anda memiliki ide atau masukan yang terkait artikel diatas, seilahkan tinggalkan komentar pada kolom yang telah tersedia di bawah. Supaya artikel ini dapat bermanfaat kepada orang lain yang membutuhkan.