Terbukti! 8 Cara Mempercepat Koneksi Internet Pada HP Android

Advertisement






20/4/2020 29/1/2019

Terbukti! 8 Cara Mempercepat Koneksi Internet Pada HP Android


Bagi smartphone Android, koneksi internet bagaikan "panca indera". Karena tanpa koneksi ke dunia maya, praktis smartphone Android akan kehilangan fungsi dan sulit untuk digunakan. Coba kalian bayangkan jika di hape Android kalian tidak terkoneksi internet atau kuota internetnya habis ?

Salah satu yang bisa jadi kendala dalam koneksi internet yaitu kecepatan. Jika koneksi lancar (dan cepat) tentu fungsi komunikasi jadi semakin baik dan nyaman. Sebaliknya, jika koneksi internet pada handphone Android lambat atau terputus-putus, tentu akan mengganggu kenyamanan dan produktifitas. Apalagi jika kalian rutin browsing internet atau sekedar main di media sosial.

Itulah alasan smartphone Android membutuhkan koneksi internet yang cepat. Yang jadi pertanyaan, bagaimana cara mempercepat koneksi internet pada HP Android ? Jawabannya bisa kalian baca lewat penjelasan Tekno Jempol berikut ini

Kali ini, tutorial mempercepat koneksi internet dapat dilakukan tanpa root dan tanpa aplikasi khusus. Di sini, kalian hanya perlu menggunakan fitur-fitur yang sudah ada dalam smartphone kalian.

Cara mempercepat koneksi internet pada HP Android

Pastikan berada di wilayah yang terjangkau sinyal jaringan operator seluler
Penting, jika ingin koneksi internet pada handphone Android lancar, kalian harus berada di area yang terjangkau sinyal jaringan operator seluler. Misalnya di sini Telkomsel, Indosat, XL, atau Smartfren. Bila berada diluar wilayah jangkauan sinyal jaringan operator, bisa dipastikan kalian tidak akan mendapatkan koneksi internet dan bahkan kalian akan kesulitan mendapatkan layanan selular lain dari operator.

Untuk mengetahui jangkauan sinyal operator sangat mudah. Kalian cukup melihat ikon notifikasi sinyal pada OS Android. Jika baris sinyal terlihat penuh atau hampir penuh, berarti smartphone tersebut sudah terjangkau jaringan operator. Tapi jika baris sinyal terlihat sedikit, ada baiknya kalian pindah ke area yang lebih terbuka seperti halaman, lapangan, atau balkon. Biasanya, sinyal operator lebih mudah ditangkap di area yang tidak banyak penghalang semisal bangunan tinggi, pohon, dan tiang.
Sebaiknya juga kalian menggunakan gadget Android dalam posisi yang tidak banyak bergerak. Tujuannya agar sinyal yang ditangkap lebih stabil sehingga koneksi internetnya lebih bagus. Jika menggunakan smartphone dalam posisi berjalan, mungkin sinyal yang kalian dapat akan terasa naik turun dan koneksi internetnya tidak stabil.

Gunakan jaringan selular yang paling tinggi/terbaru/canggih
Jaringan selular generasi terbaru tentu menawarkan koneksi data dengan kecepatan tinggi. Saat ini, umumnya smartphone Android sudah mendukung standar jaringan selular modern seperti 4G LTE atau 4G LTE Advanced. Secara teori, jaringan selular 4G mampu mencapai kecepatan download 100-1000 Mbit/s dan upload 50-500 Mbit/s. Jika smartphone kalian sudah mendukung jaringan 4G, sebaiknya diaktifkan saja. Namun, pastikan sinyal operator selular yang dipakai juga mendukung jaringan tersebut.

Selain jaringan 4G, ternyata banyak juga smartphone yang masih menggunakan jaringan generasi lama seperti 3.5G (HSPA/HSPA+) dan 3G (UMTS/WCDMA). Jika sinyal operator di wilayah kalian masih menggunakan jaringan 3.5G/3G, maka atur smartphone untuk menggunakan jaringan tersebut.

Perlu diketahui, di negara Indonesia ini, infrastruktur internetnya makin berkembang. Mengingat wilayahnya yang berupa kepulauan, tentu ada daerah yang sudah dapat menikmati teknologi 4G, 3.5G atau 3G. Namun, ada pula daerah yang hanya terjangkau jaringan selular generasi lawas semisal 2G (GSM/GPRS/EDGE). Kita berharap semoga pemerintah dan penyedia layanan internet segera membangun infrastruktur IT secara merata agar layanan internet dapat dinikmati oleh semua masyarakat.

Tidak jauh dari pusat wifi/hotspot/access point atau mode tethering
Apabila tidak menggunakan koneksi data pada smartphone, kalian masih bisa tersambung pada hotspot atau jaringan wifi yang paling dekat. Jaringan ini dapat kalian temui pada tempat-tempat umum seperti kantor, mall, pusat hiburan, kafe, dan lain sebagainya. Biasanya, layanan internet pada tempat tersebut tidak dipungut biaya (gratis).

Hanya saja, jika ingin mendapatkan koneksi internet wifi yang cepat, kalian sebaiknya berada pada jarak 10-50 meter dari pusat sinyal wifi (router). Sebab, pada jarak tersebut sinyal masih terasa stabil dan kemungkinan koneksi internet juga lebih bagus. Jika berada lebih dari 50 meter, mungkin sinyalnya tidak akan stabil. Sehingga kemungkinan koneksi internet kurang nyaman saat digunakan.

Matikan fitur penghemat baterai (jika ada)
Pada beberapa smartphone Android telah dilengkapi dengan fitur penghemat baterai. Fitur ini berfungsi untuk menghemat penggunaan daya baterai terutama saat dayanya akan habis. Penghemat baterai akan bekerja dengan cara menurunkan fungsi kerja Android termasuk jaringan selular agar tidak terlalu banyak menghabiskan daya baterai.

Oleh karena itu, agar mendapatkan koneksi internet yang kencang, pastikan baterai smartphone Android kalian sudah terisi penuh. Ya, setidaknya terisi lebih dari 50%. Kalian juga bisa menggunakan power pack atau power bank jika baterai ponsel Android hampir habis dan tidak menemukan kontak listrik.

Aktifkan fitur penghemat data (jika ada)
Berbeda dengan penghemat baterai, kalau fitur penghemat data/kuota justru harus diaktifkan. Fitur ini akan melakukan penghematan berupa kompresi data saat akan dimuat. Data yang sudah dikompresi akan lebih mudah dan cepat untuk dimuat sehingga tidak membebani koneksi internet.

Fitur penghemat data dapat ditemui di beberapa aplikasi web browser seperti UC Browser dan Google Chrome. Bagi kalian pengguna aplikasi ini, sebaiknya segera aktifkan fitur penghemat data. Selain menghemat data, fitur ini juga dapat menghemat kuota karena tidak membebani bandwidth.

Gunakan layanan internet yang memadai
Umumnya, operator selular terkemuka seperti Telkomsel dan Indosat menawarkan layanan akses internet dalam beberapa paket tertentu. Sebelum memutuskan menggunakan paket tersebut, kalian wajib membaca ketentuan, spesifikasi, atau persyaratan dengan seksama. Jika salah memilih paket internet, tentu kalian akan menanggung resikonya.

Saran dari Tekno Jempol, gunakan paket internet yang sesuai dengan kondisi smartphone dan budget yang kalian miliki. Jika punya biaya lebih dan smartphone canggih, kalian bisa berlangganan paket internet dengan layanan premium. Tentunya pada layanan premium menawarkan fitur yang lebih baik daripada layanan standar.

Satu lagi, jika kalian mengalami kendala saat menggunakan layanan internet tersebut, jangan segan-segan untuk menghubungi customer service yang tersedia. Hal ini juga untuk memastikan agar tetap mendapatkan layanan koneksi internet yang prima. Laporan masalah tersebut akan membuat operator selular untuk terus menjaga agar kualitas layanan dan jaringannya tetap optimal.

Tidak membagi koneksi internet terlalu banyak
Terakhir, prioritaskan koneksi internet pada satu aplikasi agar lebih stabil dan produktif. Jika dianalogikan, sebuah jalan yang ramai akan membuat kendaraan tidak bisa ngebut. Sebaliknya, jalanan yang lengang dapat digunakan untuk memacu kendaraan hingga kecepatan tinggi.

Untuk mendapatkan koneksi internet yang cepat dan stabil, sebaiknya tutup aplikasi online yang tidak diperlukan. Misal, jika ingin streaming Youtube, sebaiknya aplikasi browser/chat dimatikan. Atau jika ingin mengunduh file besar, sebaiknya tidak sambil melakukan penggilan video.

Sebetulnya, kalian juga bisa melakukan 2 pekerjaan bersama pada smartphone seperti bermain game online dan streaming Youtube. Namun, kalian mungkin tidak akan mendapatkan koneksi yang stabil.
Perlu diperhatikan pula, jaringan operator seluler juga dapat mempengaruhi kualitas koneksi internet. Semakin banyak aktifitas dalam jaringan operator, maka layanan seluler seperti koneksi internet bisa jadi melambat atau lemot. Cara mengatasi jaringan operator seluler yang lemot tentu sudah diluar urusan pengguna. Kita hanya bisa meminta operator untuk segera memperbaiki perangkat jaringan selular agar mampu menangani banyaknya aktifitas pengguna.

Hindari menggunakan VPN gratis
VPN (Virtual Private Network) adalah layanan akses jaringan secara pribadi melalui jaringan publik. Dengan VPN, kalian dapat mengakses internet secara aman dan bebas dari regulasi penyedia layanan internet. Sistem operasi Android juga sudah mendukung koneksi VPN.

Layanan VPN biasanya terbagi dalam versi premium dan gratis. VPN versi premium tentu menawarkan layanan yang jauh lebih baik seperti proteksi keamanan yang tinggi, bandwidth yang lebih besar, dan akses yang mudah. Sedangkan layanan VPN gratis sudah pasti tidak menawarkan hal-hal tersebut.

Oleh karena itu, kalian sebaiknya tidak menggunakan layanan VPN gratis. Selain proteksi keamanan yang tidak cukup bagus, bandwidth yang ditawarkan juga tidak cukup besar. Hal ini bukannya mempercepat koneksi internet, justru akan bikin tambah lemot.

Jika menggunakan VPN versi premium, kalian memang harus menyediakan budget tertentu. Tapi, biaya tersebut sebanding dengan fasilitas yang akan didapat.

Menguji kecepatan internet pada ponsel Android
Setelah melakukan langkah-langkah di atas, kalian dapat melakukan pengujian sederhana untuk mengetahui kecepatan koneksi internet. Caranya sangat mudah, begini langkah-langkahnya
  • Buka web browser dalam ponsel. Bisa pakai Google Chrome, Opera, UCBrowser, dan lain-lain
  • Buka website Speedtest
  • Klik tombol Go
  • Akan muncul kecepatan internet (download dan upload)
  • Semakin besar angkanya, makin bagus koneksi internetnya.

Cara di atas dapat kalian terapkan pada semua smartphone Android. Kalian juga bisa mengaplikasikan cara di atas pada IPhone atau smartphone platform yang lain. Silahkan mencoba cara di atas dan semoga bermanfaat.