Perbedaan Kualitas Video SD dan HD

Advertisement






20/4/2020 29/1/2019

Perbedaan Kualitas Video SD dan HD


Tidak banyak yang tau tentang kualitas video SD. Karena kebanyakan orang hanya tau HD, Full HD, dan lainnya yang diatas kualitas Full HD. Padahal sebelum paket internet murah, kualitas SD sangat banyak diminati.


Sebagai contoh jika kalian mengunduh video di internet. Banyak orang yang songong dan hanya ingin mengunduh video dengan minimal kualitas HD saja. Alasannya kualitas dibawah HD Tidak nyaman untuk ditonton.


Tentu saja pernyataan tersebut salah, kualitas SD tetap nyaman ditonton hanya saja terbatas di beberapa perangkat saja. Karena jika video SD diputar di layar yang lebar tentu saja tidak cocok.


Yang menjadi pertanyaan ialah, apa sebenarnya SD itu? supaya lebih jelas saya akan membandingkan kualitas SD dengan HD. Selain SD, HD, dan Full HD ada juga Ultra HD. Akan tetapi yang akan saya bahas kali ini tentang SD dan HD saja.


Saya yakin sebenarnya kalian sering menonton video dengan kualitas SD, hanya saja tidak tau bahwa kualitas video tersebut adalah SD. Karena umumnya sekarang penyebutan yang populer yaitu dengan resolusi.


Seperti resolusi 480p, 720p, dan 1080p. Tanpa panjang lebar lagi langsung saja saya jelaskan perbedaan antara SD dan HD. Namun sebelum itu kalian bisa baca cara menghapus video di akun Snack Video serta serta pengertian MV, VC, dan PV pada video musik.


SD (Standard Definition)


Kualitas video Standard Definition atau yang sering disebut SD adalah kualitas video paling rendah dari beberapa kualitas rekaman video yang ada. Walaupun rendah akan tetapi sudah lebih dari cukup.


Video dengan kualitas SD memiliki resolusi 480p, jadi jika kalian menonton video atau film dengan resolusi 480p sama saja sedang menonton video dengan kualitas SD. Selain sudah cukup bagus, kelebihan dari SD yaitu memiliki file size yang relatif lebih kecil.


HD (High Definition)


High Definition atau yang sering disebut sebagai HD adalah kualitas video yang berada di atas SD. Lebih tinggi satu tingkat dari SD, HD memiliki resolusi 720p yang merupakan resolusi yang banyak digunakan oleh banyak orang.


Secara sekilas terkadang antara SD dan HD tidak ada perbedaan yang mencolok. Akan tetapi jika di lihat di layar yang lebih lebar maka HD lebih baik. Karena semakin lebar layar yang digunakan kualitas dan resolusi video juga harus tinggi supaya hasilnya memuaskan.


Jadi itu dia perbedaan antara SD dan HD. Singkatnya SD sama seperti 480p dan HD sama seperti 720p. Lalu bagaimana dengan Full HD? Full HD memiliki resolusi 1080p yang size filenya terbilang cukup besar.

Misalnya kalian menonton video di YouTube tetapi pilihan resolusi hanya mentok di 480p atau 720p saja alias 1080p tidak mau muncul, bagaimana solusinya? Untuk tau tentang masalah tersebut kalian wajib baca artikel yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.